Friday, January 6, 2012

What is Islam

Makalah Hukum Bisnis
What is Islam?

     The word ‘Islam’, in Arabic, means submission and peace, ‘Islam’ refers to the message that was revealed to Muhammad (peace be upon him) by Allah, the one creator. A ‘muslim’ is the one who believes in Allah as the only God and Muhammad (peace be upon him) as the last and final Prophet and messenger of Allah. Consequently, a Muslim believes in Islam in its entirety.
    The Islamic idea itself is composed of two essential components: the creed or doctrine (aqeedah), and a system of rulez and regulations founded on this creed (shari’ah). The creed of Islam provides comprehensive answers to the fundamental questions regarding humanity’s existence and that of the universe. It addresses the issue of human being’s purpose in life, and links it with what precedes life and what comes after it, thereby addresing the humanity’s core problems and providing the basis for systems and rules to properly organize human affai
      The Islamic system provides a comprehensive law governing the affairs of human beings. It correctly establishes:
1.      The relationship between human beings and the Creator.
2.      The personal affair of individuals.
3.      The various relationships (social, political, economic, and international) that exist in the society.
Islam constitutes a creed, a system, and a method. Thus, Islam is not only a religion, but also an ideology. What distinguishes Islam from the ideologies of Capitalism and Communism is that Islam attempts to address the deep questions relating to the meaning of life in ways that other ideologies do not.
     Since Islam establishes the correct understanding of life and places humanity in the correct context, the systems and culture emanating from the Islamic creed would correctly address the human nature and provide the correct solutions. Islam does not ignore a human being’s instincts or desires, but organizes them. In this context, Islam is compatible with the human being.

Wednesday, January 4, 2012

Prosedur Mediasi dan Mediasi Gagal

Makalah Hukum Bisnis
PENETAPAN
No……

“DEMI KEADILAN BERASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA”

Kami Hakim Ketua Majelis Pengadilan Agama ……………., membaca surat permohonan Termohon tertanggal ………….,20…. No. ……., dalam perkara antara :
…………………………………, sebagai  PEMOHON
Lawan
…………………………………, sebagai TERMOHON
Telah membaca penetapan Ketua Pengadilan Agama ………… tertanggal ………………., 20…. Perkara No. ………, tentang penetapan hari sidang;
Menimbang, bahwa pada hari sidang yang telah ditentukan para pihak hadir ( kuasanya atau para pihak);
Menimbang, bahwa dalam usaha mendamaikan para pihak sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 130 HIR/154 RBg dan PerMA No. 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, Hakim Ketua menerangkan, bahwa para pihak dapat memilih Mediator yang terdaftar di Pengadilan Agama ……………………
Menimbang bahwa ternyata para pihak sepakat untuk memilih sendiri Mediator yaitu …………………… atau menyerahkan kepada Hakim Ketua untuk menunjuk Mediator dari kalangan Hakim Pengadilan Agama ……………………,
(coret yang tidak sesuai)
Menimbang, bahwa oleh karena itu perlu ditunjuk nama Mediator sebagaimana tersebut dalam amar penetapan ini;
Memperhatikan pasal 11 ayat (1) atau ayat (5) PerMA RI No 1 Tahun 2008

MENETAPKAN

Menunjuk  (Nama Mediator) ………… ( pekerjaan/jabatan) ……………. Sebagai Mediator dalam perkara No. …………………,
Menetapakan proses mediasi paling lama 40 (empat puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal penetapan ini.
Memerintahkan kepada Mediator untuk melaporkan hasil mediasi kepada Majelis Hakim.
Demikian ditetapkan di ………………………….., tanggal ………………….., 20 .… .


     Hakim Ketua,


(………………………)
Nip. ………………..



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------



KESEPAKATAN MEMILIH MEDIATOR

Sesuai dengan bunyi ketentuan pasal 8 ayat (I) dan pasal II ayat (I) tahun dan ayat (2) peraturah mahkamah agung Republik Indonesia nomor 1 tahun 2008’ kami, para pihak dalam perkara perdata nomor……………….,yaitu:
1.      Nama alamat
2.      Nama dan alamat
3.      …………………sebagai pemohon-pemohon
dan
1.      Nama dan alamat
2.      Nama dan alamat
3.      …………………sebagai termohon-termohon
Dengan ini memberitahukan kepada Ketua Majelis Hakim dalam perkara Nomor…………..bahwa kami telah bersepakat memilih:…..(nama seorang Mediator/lebih……..) untuk menjadi Mediator dalam perkara Nomor:………di Pengadilan………
Kami juga sepakat bahwa beban biaya Mediasi (honorarium hanya untuk Mediator non-Hakim dan/atau biaya lain yang diperlukan dalam Mediasi) ditanggung bersama, sebesar……….% oleh Termohon.
Tempat/tanggal dan tahun………………..

Para Pihak

Pemohon (……….. bin/binti ……….)                       Termohon(………….Bin/binti……….)


              Tandatangan/stempel                                                     Tandatangan/stempel


Resume Perkara

I.    Duduk perkara/kejadian (kapan, siapa pihak lawan/Pemohon/Termohon, dimana, mengapa, bagaimana terjadi, bentuk kerugian):
………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
II. Usulan penyelesaian
1.      ………………………………………………………………………………………..
2.      ………………………………………………………………………………………..
3.      ………………………………………………………………………………………..


…………., …………………… . 20…..
Pihak Pemohon/Termohon atau Kuasa Hukum


   (…………………………..)



Hal : Laporan Proses Mediasi Gagal
Kepada:
Yth. Majelis Hakim yang memeriksa Perkara
No. ………………………………..
Di
Pengadilan Agama ………………………………


Dengan hormat,
Bersama ini kami, selaku Mediator dalam perkara No. …………………….. memberitahukan bahwa proses Mediasi yang kami laksanakan telah gagal mencapai kesepakatan (pernyataan tentang kegagalan tersebut terlampir).
Demikian laporan ini kami sampaikan dan atas perhatian Majelis kami ucapkan terima kasih.


…………………, …………….. 20 ….
Mediator

      (                           )





PERNYATAAN
Pada hari ini, ………. tanggal ……………,20…. Saya, (nama mediator),  Mediator terdaftar di Pengadilan Agama ………………., dengan ini menyatakan bahwa:
Perkara : No. ………………../20….
Antara  : …………………..

Melawan
   ……………………………………
Telah gagal mencapai kesepakatan dalam proses Mediasi yang telah kami tempuh dari tanggal ………, 20…. s.d. ……………….., 20 …..
Demikian pernyataan ini dibuat dan ditandatangani oleh saya, selaku Mediator dan para pihak yang bersangkutan tersebut.
…………, ………..20 ….
Pihak Pemohon                                                 Pihak Termohon

   (                                  )                                          (                                     )
Mediator

(                               )


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------




KESEPAKATAN MENUNJUK AHLI DAN PEMBIAYAAN

Sesuai dengan bunyi ketentuan pasal 16 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008, kami, para pihak dalam Proses Mediasi yang merupakan para pihak dalam Perkara Perdata Nomor ………………, yaitu:
1.      Nama dan alamat
2.      Nama dan alamat
3.      ………………… sebagai pemohon-pemohon
dan
1.      Nama dan alamat
2.      Nama dan alamat
3.      …………………. Sebagai termohon-termohon
dengan ini sepakat untuk menunjuk :
1.      Nama dan alamat
2.      Nama dan alamat
3.      ………………… sebagai Ahli (sesuai bidang keahliannya) yang akan diminta untuk memberikan penjelasan atau pertimbangan atau penilaian yang mempunyai kekuatan mengikat atau kekuatan tidak mengikat (coret yang tidak diperlukan) dalam proses Mediasi ini.
Adapun berkenaan biaya pemanggilan, biaya pemanggilan, honorarium dan biaya perjalanan ahli dalam proses mediasi akan ditanggung oleh para pihak dengan perincian sebagai berikut:
§  Biaya ditanggung bersama dengan pembagian yang seimbang; atau
§  Biaya yang ditanggung oleh pihak Pemohon (-pemohon) adalah sebesar ……% dan biaya yang ditanggung oleh pihak Termohon (-termohon) adalah sebesar …… %.

Tempat/Tanggal dan Tahun …………………
Para Pihak

Pemohon (nama lengkap)                                             Termohon (nama lengkap)



 Tandatangan/stempel                                                       Tandatangan/stempel

Sunday, January 1, 2012

Makalah Hukum Bisnis Islam


Makalah Hukum Bisnis
Makalah Hukum Bisnis Islam

Berikut adalah hadits-hadits shahih yang ada kaitannya dengan hukum  bisnis, antara lain:
1.      Jual beli makanan dengan dua timbangan diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan Ibnu Majah dalam bab al-Tijarat, no. 2219:
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الطَّعَامِ حَتَّى يَجْرِيَ فِيهِ الصَّاعَانِ صَاعُ الْبَائِعِ وَصَاعُ الْمُشْتَرِي.
2.      Jual beli Riba dan Shikak (kupon) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Shahih Muslim dalam bab al-Buyu’, no. 2818:
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَارِثِ الْمَخْزُومِيُّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ عُثْمَانَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَشَجِّ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ لِمَرْوَانَ أَحْلَلْتَ بَيْعَ الرِّبَا فَقَالَ مَرْوَانُ مَا فَعَلْتُ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَحْلَلْتَ بَيْعَ الصِّكَاكِ وَقَدْ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الطَّعَامِ حَتَّى يُسْتَوْفَى قَالَ فَخَطَبَ مَرْوَانُ النَّاسَ فَنَهَى عَنْ بَيْعِهَا قَالَ سُلَيْمَانُ فَنَظَرْتُ إِلَى حَرَسٍ يَأْخُذُونَهَا مِنْ أَيْدِي النَّاسِ.
3.      Jual beli Riba dan Shikak (kupon) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no. 8234:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَارِثِ الْمَخْزُومِيُّ بِمَكَّةَ حَدَّثَنِي الضَّحَّاكُ يَعْنِي ابْنَ عُثْمَانَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَشَجِّ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ لِمَرْوَانَ أَحْلَلْتَ بَيْعَ الرِّبَا فَقَالَ مَرْوَانُ مَا فَعَلْتُ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَحْلَلْتَ بَيْعَ الصُّكُوكِ وَقَدْ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الطَّعَامِ حَتَّى يَسْتَوْفِيَ قَالَ فَخَطَبَ النَّاسَ مَرْوَانُ فَنَهَى عَنْ بَيْعِهَا قَالَ سُلَيْمَانُ فَنَظَرْتُ إِلَى حَرَسِ مَرْوَانَ يَأْخُذُونَهَا مِنْ أَيْدِي النَّاسِ.
4.      Jual beli makanan sebelum sempurna penerimaannya diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Wamin Musnad Bani Hasyim, no. 2454:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ طَاوُسٍ يُحَدِّثُ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الطَّعَامِ حَتَّى يَسْتَوْفِيَهُ أَوْ يُسْتَوْفَى و قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ أَحْسِبُ الْبُيُوعَ كُلَّهَا بِمَنْزِلَتِهِ.
5.      Jual beli Uryan (menggantungkan kesepakatan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis hasan pada kitab Sunan Abu Dawud dalam bab al-Buyu’, no. 3039:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ أَنَّهُ بَلَغَهُ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْعُرْبَانِ قَالَ مَالِكٌ وَذَلِكَ فِيمَا نَرَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ أَنْ يَشْتَرِيَ الرَّجُلُ الْعَبْدَ أَوْ يَتَكَارَى الدَّابَّةَ ثُمَّ يَقُولُ أُعْطِيكَ دِينَارًا عَلَى أَنِّي إِنْ تَرَكْتُ السِّلْعَةَ أَوْ الْكِرَاءَ فَمَا أَعْطَيْتُكَ لَكَ.
6.      Jual beli Uryan (menggantungkan kesepakatan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis hasan pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 6436:
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ عِيسَى أَخْبَرَنِي مَالِكٌ أَخْبَرَنِي الثِّقَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْعُرْبَانِ.
7.      Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis dhoif pada kitab Sunan Ibnu Majah dalam bab al-Tijarat, no. 2186:
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَالْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ الْعَنْبَرِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا أَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ عُتْبَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ.
8.      Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis dhoif pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Wamin Musnad Bani Hasyim, no. 2616:
حَدَّثَنَا أَسْوَدُ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ عُتْبَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ قَالَ أَيُّوبُ وَفَسَّرَ يَحْيَى بَيْعَ الْغَرَرِ قَالَ إِنَّ مِنْ الْغَرَرِ ضَرْبَةَ الْغَائِصِ وَبَيْعُ الْغَرَرِ الْعَبْدُ الْآبِقُ وَبَيْعُ الْبَعِيرِ الشَّارِدِ وَبَيْعُ الْغَرَرِ مَا فِي بُطُونِ الْأَنْعَامِ وَبَيْعُ الْغَرَرِ تُرَابُ الْمَعَادِنِ وَبَيْعُ الْغَرَرِ مَا فِي ضُرُوعِ الْأَنْعَامِ إِلَّا بِكَيْلٍ.
9.      Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Darami dalam bab al-Buyu’, no. 2441:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا يَحْيَى الْقَطَّانُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ.
10.  Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Tirmidzi dalam bab al-Buyu’ ‘an Rasulullah, no. 1151:
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ أَنْبَأَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَبَيْعِ الْحَصَاةِ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي سَعِيدٍ وَأَنَسٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا الْحَدِيثِ عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ كَرِهُوا بَيْعَ الْغَرَرِ قَالَ الشَّافِعِيُّ وَمِنْ بُيُوعِ الْغَرَرِ بَيْعُ السَّمَكِ فِي الْمَاءِ وَبَيْعُ الْعَبْدِ الْآبِقِ وَبَيْعُ الطَّيْرِ فِي السَّمَاءِ وَنَحْوُ ذَلِكَ مِنْ الْبُيُوعِ وَمَعْنَى بَيْعِ الْحَصَاةِ أَنْ يَقُولَ الْبَائِعُ لِلْمُشْتَرِي إِذَا نَبَذْتُ إِلَيْكَ بِالْحَصَاةِ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ فِيمَا بَيْنِي وَبَيْنَكَ وَهَذَا شَبِيهٌ بِبَيْعِ الْمُنَابَذَةِ وَكَانَ هَذَا مِنْ بُيُوعِ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ.
11.  Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis hasan pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 6148:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْحَاقَ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَذَلِكَ أَنَّ الْجَاهِلِيَّةَ كَانُوا يَتَبَايَعُونَ بِالشَّارِفِ حَبَلَ الْحَبَلَةِ فَنَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ.
12.  Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan Ibnu Majah dalam bab al-Tijarat, no. 2185:
حَدَّثَنَا مُحْرِزُ بْنُ سَلَمَةَ الْعَدَنِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَعَنْ بَيْعِ الْحَصَاةِ.
13.  Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Darami dalam bab al-Buyu’, no. 2450:
أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَعَنْ بَيْعِ الْحَصَاةِ قَالَ عَبْد اللَّهِ إِذَا رَمَى بِحَصًا وَجَبَ الْبَيْعُ.
14.  Jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 6025:
حَدَّثَنَا يَعْلَى وَمُحَمَّدٌ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْحَاقَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَقَالَ إِنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَتَبَايَعُونَ ذَلِكَ الْبَيْعَ يَبْتَاعُ الرَّجُلُ بِالشَّارِفِ حَبَلَ الْحَبَلَةِ فَنَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ فِي حَدِيثِهِ حَبَلَ الْحَبَلَةِ فَنَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ.
15.  Jual beli Ghanimah (harta rampasan perang sebelum dibagi) dan kurma sebelum nampak diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis hasan pada kitab Sunan Abu Dawud dalam bab al-Buyu’, no. 2925:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ النَّمَرِيُّ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ خُمَيْرٍ عَنْ مَوْلًى لِقُرَيْشٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْغَنَائِمِ حَتَّى تُقَسَّمَ وَعَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى تُحْرَزَ مِنْ كُلِّ عَارِضٍ وَأَنْ يُصَلِّيَ الرَّجُلُ بِغَيْرِ حِزَامٍ.
16.  Jual beli terpaksa, jual beli Gharar (terdapat unsur penipuan) dan jual beli buah sebelum layak dikonsumsi diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis hasan pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-‘Asyrah al-Mubasysyirina bi al-Jinnah, no. 893:
حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَنْبَأَنَا أَبُو عَامِرٍ الْمُزَنِيُّ حَدَّثَنَا شَيْخٌ مِنْ بَنِي تَمِيمٍ قَالَ خَطَبَنَا عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَوْ قَالَ قَالَ عَلِيٌّ يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ عَضُوضٌ يَعَضُّ الْمُوسِرُ عَلَى مَا فِي يَدَيْهِ قَالَ وَلَمْ يُؤْمَرْ بِذَلِكَ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ وَلَا تَنْسَوْا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ وَيَنْهَدُ الْأَشْرَارُ وَيُسْتَذَلُّ الْأَخْيَارُ وَيُبَايِعُ الْمُضْطَرُّونَ قَالَ وَقَدْ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمُضْطَرِّينَ وَعَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ وَعَنْ بَيْعِ الثَّمَرَةِ قَبْلَ أَنْ تُدْرِكَ.
17.  Jual beli Ghanimah (harta rampasan perang sebelum dibagi) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Nasa’i dalam bab al-Buyu’, no. 4566:
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَفْصِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمَغَانِمِ حَتَّى تُقْسَمَ وَعَنْ الْحَبَالَى أَنْ يُوطَأْنَ حَتَّى يَضَعْنَ مَا فِي بُطُونِهِنَّ وَعَنْ لَحْمِ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السِّبَاعِ.
18.  Jual beli Munabadzah dan Mulamasah diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Tirmidzi dalam bab al-Buyu’ ‘an Rasulullah, no. 1231:
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَمَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمُنَابَذَةِ وَالْمُلَامَسَةِ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي سَعِيدٍ وَابْنِ عُمَرَ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَمَعْنَى هَذَا الْحَدِيثِ أَنْ يَقُولَ إِذَا نَبَذْتُ إِلَيْكَ الشَّيْءَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ بَيْنِي وَبَيْنَكَ وَالْمُلَامَسَةُ أَنْ يَقُولَ إِذَا لَمَسْتَ الشَّيْءَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ وَإِنْ كَانَ لَا يَرَى مِنْهُ شَيْئًا مِثْلَ مَا يَكُونُ فِي الْجِرَابِ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ وَإِنَّمَا كَانَ هَذَا مِنْ بُيُوعِ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ فَنَهَى عَنْ ذَلِكَ.
19.  Jual beli Munabadzah dan Mulamasah diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no. 9781:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنِ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمُنَابَذَةِ وَالْمُلَامَسَةِ.
20.  Jual beli Munabadzah dan Mulamasah diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no. 9838:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنِ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمُنَابَذَةِ وَالْمُلَامَسَةِ.
21.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi dan sebelum dapat ditimbang diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Wamin Musnad Bani Hasyim, no. 3007:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ الطَّائِيِّ قَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ فَقَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى يَأْكُلَ مِنْهُ أَوْ يُؤْكَلَ مِنْهُ وَحَتَّى يُوزَنَ قَالَ فَقُلْتُ مَا يُوزَنُ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَهُ حَتَّى يُحْزَرَ.
22.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi dan sebelum dapat ditimbang diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Shahih Muslim dalam bab al-Buyu’, no. 2833:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ قَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ فَقَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى يَأْكُلَ مِنْهُ أَوْ يُؤْكَلَ وَحَتَّى يُوزَنَ قَالَ فَقُلْتُ مَا يُوزَنُ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَهُ حَتَّى يُحْزَرَ.
23.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 4817:
حَدَّثَنَا عَبْد اللَّهِ قَالَ وَجَدْتُ فِي كِتَابِ أَبِي حَدَّثَنَا يَزِيدُ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ زَيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ سَأَلَ رَجُلٌ ابْنَ عُمَرَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ فَقَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى يَبْدُوَ صَلَاحُهُ.
24.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Nasa’i dalam bab al-Buyu’, no. 4449:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى يُطْعَمَ.
25.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no. 14329:
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ حَتَّى يُطْعَمَ.
26.  Jual beli kurma sebelum layak konsumsi diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no.14467:
حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَمَلَ مِنْ الْحَجَرِ إِلَى الْحَجَرِ.
27.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Shahih Bukhari dalam bab al-‘Itqun, no. 2350:
حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
28.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Nasa’i dalam bab al-Buyu’, no. 4580:
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
29.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan Abu Dawud dalam bab al-Faraidh, no. 2530:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
30.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan Ibnu Majah dalam bab al-Faraidh, no. 2737:
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ وَسُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
31.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan Ibnu Majah dalam bab al-Faraidh, no. 2738:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي الشَّوَارِبِ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمٍ الطَّائِفِيُّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
32.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 4332:
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
33.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no.5239:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
34.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Darami dalam bab al-Buyu’, no. 2459:
أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ قَالَ عَبْد اللَّهِ الْأَمْرُ عَلَى هَذَا لَا يُبَاعُ وَلَا يُوهَبُ.
35.  Jual beli perwalian diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Darami dalam bab al-Faraidh, no. 3027:
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ.
36.  Jual beli buah-buahan sebelum masak diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Baqa Musnad al-Maktsaraini, no. 11695:
حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سُئِلَ أَنَسٌ عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ فَقَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ ثَمَرَةِ النَّخْلِ حَتَّى تَزْهُوَ قِيلَ لِأَنَسٍ مَا تَزْهُو قَالَ تَحْمَرُّ.
37.  Jual beli Habalul Habalah (unta yang masih dalam kandungan) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Musnad Ahmad dalam bab Musnad al-Maktsaraini min al-Shahabati, no. 5253:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ حَبَلِ الْحَبَلَةِ.
38.  Jual beli bibit pejantan unta (sperma) diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Shahih Muslim dalam bab al-Masaqah, no. 2926:
و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ ضِرَابِ الْجَمَلِ وَعَنْ بَيْعِ الْمَاءِ وَالْأَرْضِ لِتُحْرَثَ فَعَنْ ذَلِكَ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
39.  Jual beli pengawinan unta, jual beli tanah bercocok tanam, jual beli tanah beserta airnya diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Sunan al-Nasa’i dalam bab al-Buyu’, no. 4591:
أَخْبَرَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَسَنِ عَنْ حَجَّاجٍ قَالَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرًا يَقُولُ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ ضِرَابِ الْجَمَلِ وَعَنْ بَيْعِ الْمَاءِ وَبَيْعِ الْأَرْضِ لِلْحَرْثِ يَبِيعُ الرَّجُلُ أَرْضَهُ وَمَاءَهُ فَعَنْ ذَلِكَ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
40.  Jual beli keutamaan air diharamkan sebagaimana ditegaskan dalam hadis shahih pada kitab Shahih Muslim dalam bab al-Masaqah, no.2925:
و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ أَخْبَرَنَا وَكِيعٌ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ فَضْلِ الْمَاءِ.

Sample text

Hargailah yang bersusah payah membuat blog ini